Di dalam menganalisis usaha sesuatu perusahaan untuk memaksimumkan keuntungan, ada 2 hal yang harus diperhatikan yaitu :
  •          Biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan
  •          Hasil penjualan dari barang yang dihasilkan perusahaan itu
Sifat biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah bersamaan, walau dalam struktur pasar manapun ia digolongkan ( pasar persaingan sempurna, monopoli, oligopoli, atau persaingan monopolistis ).Sifat hasil penjualan adalah berbeda diantara pasar persaingan sempurna dengan struktur pasar yang lainnya. Perbedaan ini disebabkan karena ditinjau dari sudut seorang produsen, bentuk permintaan yang dihadapi oleh seorang produsen di pasar persaingan sempurna berbeda sifatnya dengan yang dihadapi seorang produsen di pasar lainnya.

a)        Permintaan Pasar dan Perusahaan
Seberapa banyak pun barang yang diproduksi dan dijual oleh produsen, ia tidak akan dapat mengubah harga yang ditentukan di pasar, karna jumlah yang diproduksikan itu hanya sebagian kecil dari jumlah yang diperjual-belikan di pasar.
             
b)       Hasil Penjualan Rata-Rata
Apabila dimisalkan harga barang yang diproduksi perusahaan adalah Rp 3000 maka d0 = AR0 = MR0 adalah kurva permintaan yang dihadapi perusahaan. Dengan demikian kurva ini adalah kurva hasil penjualan rata-rata pada harga barang sebanyak Rp 3000 (dan dinyatakan sebagai AR0). Kalau harga barang yang dijual perusahaan adalah Rp 6000, kurva d1 = AR1 = MR1 adalah kurva permintaan dan juga kurva hasil penjualan rata-rata pada harga Rp 6000.

c)       Hasil Penjualan Marjinal (MR / Marjinal Revenue)
Hasil penjualan marjinal adalah Hasil penjualan yang sangat penting untuk diketahui dalam analisis penentuan harga dan produksi oleh suatu perusahaan (MR-Marjinal Revenue) yaitu tambahan hasil penjualan yang diperoleh perusahaan dari menjual satu unit lagi barang yang diproduksinya.

d)     Hasil Penjualan Total (TR / Total Revenue)
Seluruh jumlah pendapatan yang diterima perusahaan dari marjinal barang yang diproduksikannya dinamakan hasil penjualan total (TR---yaitu dari perkataan Total Revenue). Telah diterangkan bahwa dalam persaingan sempura harga tidak akan berubah walau bagaimanapun banyaknya jumlah barang yang dijual perusahaan. Ini menyebabkan kurva penjualan total (TR) adalah berbentuk lurus.

Contoh kurva :

 

 

 


Sumber : Mikro Ekonomi Pengantar edisi Ketiga, Sadono Sukirno
www.google.com